Beranda | Artikel
Tidak Cukup Niatan Baik dalam Beramal
Minggu, 12 Januari 2014

Amal itu bukan hanya perlu niatan baik, namun juga harus sesuai dengan petunjuk Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Fudhail bin Iyadh ditanya apa yang dimaksud amalan yang ikhlas dan benar?

Beliau jawab:

إن العمل إذا كان خالصا ولم يكن صوابا لم يقبل وإذا كان صوابا ولم يكن خالصا لم يقبل حتى يكون خالصا وصوابا فالخالص أن يكون لله والصواب أن يكون على السنة

Yang namanya amalan jika niatannya ikhlas namun tidak benar, maka tidak diterima. Sama halnya jika amalan tersebut benar namun tidak ikhlas, juga tidak diterima. Amalan tersebut barulah diterima jika ikhlas dan benar. Yang namanya ikhlas, berarti niatannya untuk menggapai ridho Allah saja. Sedangkan disebut benar jika sesuai dengan petunjuk Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Disebutkan oleh Ibnu Rajab dalam Jamiul Ulum wal Hikam)

So … tidak cukup niatan baik ketika beramal, namun juga harus mengikuti petunjuk Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Catatan lawas by Akhukum fillah : Muhammad Abduh Tuasikal

Dirapikan di Masjidil Haram, 8 Rabi’ul Awwal 1435 H

Artikel Rumaysho.Com

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom

Bagi yang ingin pesan satu paket berisi lima buku karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal dijual dengan harga Rp.65.000,- untuk pulau Jawa (sudah termasuk ongkos kirim). Di dalam paket tersebut terdapat buku terbaru beliau “Mengenal Bid’ah Lebih Dekat”, juga empat karya lain: Buku Dzikir Pagi Petang Disertai Dzikir Sesudah Shalat dan Sebelum Tidur (tersedia ukuran besar dan kecil), Panduan Amal Shalih di Musim Hujan, dan Mengikuti Ajaran Nabi Bukanlah Teroris.

Kirimkan format pemesanan via sms ke no 0852 0017 1222 atau via PIN BB 2AF1727A: Satu paket buku#Nama pemesan#Alamat#no HP. Nanti akan diberitahu biaya dan rekening untuk transfer.


Artikel asli: https://rumaysho.com/5830-tidak-cukup-niatan-baik-dalam-beramal.html